Seiring hengkangnya Valentino Rossi tahun depan ke Ducati, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia mengubah strategi promosinya. Produsen berlambang garputala itu menyiapkan Jorge Lorenzo sebagai maskot baru. Hal ini terasa lebih karena pebalap Spanyol ini sangat berpeluang menyabet gelar Juara Dunia 2010.
Dyonisius Beti, Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), mengatakan, Rossi memang memberikan pengaruh besar bagi Yamaha, tak hanya di Indonesia, tapi juga dunia. Gelar juara dunia lima kali yang di torehkan mampu mendongkrak posisi Yamaha di dunia balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP.
"Tapi kita harus berjalan maju. Menurut saya, kepindahan Rossi ke Ducati tak akan memengaruhi penjualan di Indonesia. Justru kami akan siapkan Lorenzo menggantikan sosok Rossi dan jualan akan terus tumbuh," ujar Dyon di sela-sela peluncuran Byson di Jakarta, jelang akhir pekan lalu.
Sepertinya kepindahan Rossi ini juga memaksa Yamaha meninggalkan iklan dan promosi yang dilakukan untuk beberapa model motor, seperti Jupiter MX. Artinya, bakal banyak tender baru bikin iklan yang bisa digaet production house lokal.
Figur Rossi selama tujuh tahun belakangan telah menjadi sosok pahlawan bagi pengguna sepeda motor, khususnya dari kalangan anak muda. Apakah Lorenzo mampu menggantikan kharisma yang ditinggalkan "The Doctor"? Kita simak bersama tahun depan.
http://otomotif.kompas.com